TfY0BSA6BUziGUd7TSGlTpA6Gd==

Cara Tracking Channel Feed Satelit Asiasat 5 Dan Solusinya

 

gambar lembehtrav

saluran5 Satelit Asiasat 5 dikenal dengan tempatnya channel feed atau saluran singgahan yang dikoversi menjadi sebuah acara tontonan berkualitas mulai dari acara olahraga hingga entertaiment.

Channel Feed merupakan saluran televisi yang di pancarkan langsung dari area pelaksanaan kegiatan yang di relay pada salahsatu channel yang ada pada satelit dimana channel tersebut menyiarkan sebuah iven atau pertandingan.

Durasi penampakan siaran ini adalah tiga puluh menit atau lebih sebelum iven dimulai seperti pertandingan sepakbola, atau bisa lebih awal 15 menit lebih cepat

Bukan untuk sepakbola saja tetapi iven olahraga lainnya juga sering melakukan koprehensi siaran dari lokasi iven itu berlangsung tanpa lagi melalui stasiun satelit milik sebuah channel tv dan sifat dari channel feed frekuensinya hanya sementara atau saat iven sedang berlangsung sesudah itu transpoder dari channel tersebut tidak digunakan lagi.

Ada beberapa channel feed yang memang mematenkan siarannya seperti Ebu Service dan Adhoc di Intelsat 19 bahkan bisa bertahun-tahun contohnya Ebu Service ini transpodernya digunakan sejak 2013 silam tidak berubah hanya channelnya sering berubah karena menyangkut kontrak hak siar sebuah turnamen. istilahnya transpoder tetap disebuah satelit adalah (TP) sewaan.

Dari beberapa kasus ada yang sudah stay on di satelit dimana channel feed tersebut akan muncul seperti di Satelit Asiasat 5, Satelit Intelsat 19, Satelit Telkom 3s dan Satellit Intelsat 19, tetapi setelah di masukin transpoder dari siaran tersebut tidak muncul signal atau  zonk sehingga butuh teknik untuk menaklukan channel feed ini.

Nah selanjutnya bagaimana cara mendapatkan siaran feed khusus di satelit Asiasat 5 yang kita inginkan agar muncul dilayar televisi.  sebagaimana catatan sebelumnya yang sudah admin bagi yakni Mengenal Apa itu Tracking Parabola dan Manfaatnya mungkin bisa menjadi rujukan sahabat dipelajari sebelum tracking kesatelit yang dimaksud.

Pertama  maksimalkan frekuensi 3889 H 9600 di Satelit Telkom 4  108 bujur timur sampai 63% kualitas sinyalnya kalau bisa hingga 70% itu lebih baik, sebab frekuensi yang dihuni TransTV HD, Trans7 HD, CNN Indonesia dan CNBC ini lumayan pelit dibeberapa tempat jika tidak dimasksimalkan

selanjutnya turunkan dish ke Satelit Asiasat 3s/7  105.5 bujur timur dengan transpoder 3880 H 29720 jarak kedua satelit ini hanya terpaut 3,5 derajat jika diakumulasi keukuran meter sekitar 5cm panjang jarak besi penyangga upayakan dapat frekuensi ini 72-75% kualitas sinyalnya karena memang TP ini sangat meluber signalnya.

Kemudian turunkan lagi dish ke Satelit Asiasat 5 100.5 bujur timur yang menjadi tujuan tracking siaran feed dengan transpoder  3784 H 3600 yang dihuni siaran TDM Macau satelit  maksimalkan TP ini sampai 72% atau lebih, kemudian coba cek TP 3860 H 30000 yang dipakai channel EBU dan kawan-kawan bila signalnya  tidak sampai 70-72% persen,  coba sedikit longgarin baut penyangga agar signal transpoder lain tidak tergganggu dan maksimalkan TP ini hingga mencapai 72%.

Bila siganl channel Ebu di transpoder tadi tembus 72% maka hampir dipastikan setiap frekuensi siaran feed bisa diakses termasuk codec 4.2.2 meski gelap dilayar televisi.

Memang ada frekuensi dari  channel feed tersebut 3 jam sebelum pertandingan sudah muncul tetapi ada juga nanti setelah 15 atau 30 menit pertandingan berjalan baru channel feed tersebut muncul. petunjuk ini semoga bisa membantu teman-teman untuk mendapatkan channel feed khusus di Satelit Asiasat 5

Perlu diingat tidak setiap waktu channel feed bisa dilock, ada waktu tertentu bila channel feed bersahabat dengan cuaca akan sangat baik, tetapi bila musim penghujan siaran ini sangat sulit muncul.

Diakui memang ada siaran feed yang signalnya cukup pelit jadi bersabarlah dalam melakukan treking atau kalau tidak bisa jangan dipaksakan, karena beberapa transpoder modulnya disetting sangat tinggi yang tidak bisa dijangkau sepenuhnya dengan receiver umum.

Diperhatikan juga melubernya signal dari salasatu transpoder tidak menjadi ukuran siaran feed akan keluar, jadi lakukan pengecekan penunjang dari transpoder lain sebagaimana penjelasan diatas agar siaran feed seperti sepakbola, bulutangkis dan lainnya bisa ditonton.

Sekedar informasi bahwa dish solid 6 feed hari ini sedikit tidak bersahabat dengan channel feed live bola sebab akurasi formatnya dalam mengencrypt channel sangat tinggi sehingga butuh dish 7 feed keatas menurut rekomendasi para treker parabola baru siaran bola seperti Laliga, Ligue 1, Bundesliga dan Eredevisie dapat ditonton.

dibawa ini adalah contoh Feed dari  siaran Live Nation League antara Spanyol vs Inggris semalam.16/10/18 dan transpoder feed bersahabat bagi dish solid 6 feed 

Satelit Asiasat 5 100.E
Channel Uboc  Mpeg4 HD
3927 V 7500
Sid : 0001
Bisskey : 5C DC 98 D0 F8 54 B8 04

Tadi penjelasan cara tracking siaran feed sekarang solusi bagaimana siaran feed satelit Asiasat 5 bisa ditonton secara maksimal.

Telah dikemukakan diatas tidak selamanya menurut yang kita inginkan siaran satu ini langsung di dapatkan sebab beberapa hal benar-benar perlu kita terapkan sebagaimana rekomendasi untuk mendapatkan channel feed ini. 

inisiasi tindakan dan konektifitas peralatan parabola mesti sesuai standar ketersediaan karena seorang tracker sejati harus memenuhinya jika ingin tontonan dari siaran ini. 

Berikut peralatan penunjang mendapatkan siaran feed

Receiver berformat DVB-S2 - Kemajuan informasi digital elektronik telah menuju pada perubahan signifikan dalam dunia penyiaran sehingga perlu teknologi peralatan parabola untuk menyeimbangkannya. maka di dalamnya setopbox atau dikenal dengan receiver telah menyesuaikan dengan teknologi siaran tadi.

DVB-S2 adalah modulasi dunia baru siaran televisi digital yang telah tersemat pada receiver satelit parabola hari ini. jadi bagi yang masih menggunakan receiver bermodul DVBS Mpeg2 jangan harap mendapatkan siaran feed. 

Antena Parabola harus 7 Feed - Rekomendasi para pencari siaran feed antena parabola paling maksimal mendapatkan siaran tersebut adalah dish atau piring parabola berukuran 7 feed ke-atas dengan diameter 2,5 meter. sedangkan untuk parabola 6 feed harus solid bukan jaring. namun paling direkomendasi adalah 7 feed 

Tidak ada media penghalang - Didepan antena parabola yang sudah standby di satelit Asiasat 5 diupayakan jangan ada penghalang seperti pohon atau dinding rumah karena akan mempersulit pencarian siaran. upayakan areanya cukup terbuka dan bebas hambatan.

LNB Berkualitas - Ukuran Lnb yang cukup baik mencari siaran feed adalah lnb dengan noice/kebisingan 13-12 kelvin. seperti Lnb Kaonsat 13k dan Lnb MMP 12k atau sejenisnya.

Inilah cara tracking channel feed satelit Asiasat 5 dan solusinya kiranyan bisa menjadi petunjuk bagi rekan-rekan yang ingin menaklukan channel feed. upayakan tidak sering merubah posisi antena ini.

Ada baiknya juga antena parabola khusus satelit Asiasat 5  tidak digonta-ganti bila anda ingin siaran tersebut menjadi salahsatu koleksi tontonan dirumah bersama keluarga. artinya biarkan salahsatu antena parabola anda stanby disatelit ini kecuali memang mengalami kerusakan.

Sebab jika hanya satu antena yang anda pakai untuk pindah-pinda satelit dalam melakukan tracking maka dipastikan saat anda akan kembali pada posisi satelit Asiasat 5 siaran feed akan semakin sulit didapat ini jadi pengalaman admin sehingga saya pun harus menyiapkan tiga unit dish solid 6 feed.

sekiranya catatan ini bermanfaat dan menjadi rekomendasi anda saat melakukan tracking parabola. untuk mengetahui update channel tv anda bisa menuju kolom update programtv.

Salam satu hobi

Komentar0

Berkomentarlah dengan sopan dan saling menghargailah kita

Type above and press Enter to search.