TfY0BSA6BUziGUd7TSGlTpA6Gd==

Mengenal Apa Itu Tracking Parabola dan Manfaatnya

 

gambar (ined)

saluran5 Tracking parabola merupakan bagian dari teknik seni mencari siaran televisi sebelumnya tidak bisa ditonton tetapi dengan keahlian seseorang siaran tersebut bisa dilihat (ditonton). atau dengan bahasa sederhananya adalah cara mencari siaran televisi.

Tracking parabola mulai dikenal di tahun 90-an yang satelit favoritnya adalah Palapa D dan Telkom setelah perkembangan digital satelit siaran mulai menuju pada sistem terbarukan maka metode ini mulai dijadikan sebagai pekerjaan dalam mendapatkan siaran tv bahkan menjadi ladang mendapatkan pundi-pundi rupiah dari jasa yang ditawarkan oleh mereka yang memiliki keahlian mencari sebuah siaran.

Lantas apa keuntungan dari metode mencari siaran televisi tadi yang kelihatannya tidak ada yang diuntungkan.

Memang secara garis besar tidak ada keuntungan signifikan secara materi (uang) didapat dari aktivitas ini tetapi secara emosi anda akan mendapatkan kepuasan dari usaha yang dimana tidak pernah dipikirkan menjadi kenyataan dan seluruh anggota keluarga anda akan menikmatinya. 

Salah satu contoh siaran bola dinegeri sendiri diacak tetapi dinegeri orang siaran tersebut tidak diacak dengan menggunakan metode tracking parabola dan didukung peralatan yang lengkap maka siaran tersebut bisa di tonton.

Selanjutnya bila anda punya keahlian ini maka anda lebih banyak dikenal orang bukan hanya dilingkungan dimana anda tinggal tetapi juga luar daerah dan anda akan punya banyak sahabat karena keahlian tersebut.

Kenapa para penjual peralatan parabola membutuhkan teknisi khusus dibidang ini alasannya karena lebih nudah dipercaya pelanggan saat membeli produk jualan mereka.


Alasan lainnya ialah dengan memakai jasa para teknisi parabola agar barang yang dibeli bisa terawat dengan baik karena lebih mengerti dalam penggunaannya ketimbang pelanggaan sendiri yang tidak mengerti apa-apa seputar peralatan parabola tersebut.

Namun ada beberapa varian teknik tracking parabola yang dapat dipelajari secara mandiri mulai dari siaran berbayar maupun Free to Air (FTA).

Yang paling gampang adalah siaran berbayar karena settingannya secara otomatis telah diatur sedemikian rupa sehingga saat piringan diturunkan atau dinaikan siaran mungkin langsung muncul.

dan kedua piring parabolanya sangat mini jadi tidak sulit bagi para teknisi mengotak atiknya.

Tetapi bagaimana dengan piring parabola (dish) yang lebih lebar dengan ukuran tinggi tiangnya mencapai hingga 8 meter. pasti akan sedikit menyulitkan. Namun disinilah sebenarnya letak pengertian dari Tracking Parabola.

Seseorang yang mengerti seni tracking parabola pasti akan mendapatkan manfaat tambahan dari apa dijalankannnya.

Seperti tidak membayar paket siaran premium karena bisa ditonton secara gratis, menambah pengalaman dalam aktivitas sebagai seorang teknisi parabola.

Seorang yang sudah paham mengenai peralatan parabola pasti ia menyadari kesulitan-kesulitan dilapangan saat mencari siaran dengan dua jenis pengaturan LNB, dan mana menjadi prioritas nanti dalam mendapatkan siaran yang dicari.

Hingga muncul pertanyaan :

Bagaimana cara tracking parabola C-Band ?

Bagaimana cara traking  parabola KU-Band ?

Jadi anda perlu mengetahui siaran-siaran berjenis C-Band dan KU-Band dari satelit dimana siaran itu mengudara bersama jenis frekuensinya, jika tidak pasti anda akan kewalahan.

Bahkan anda perlu mengenal apa itu LNB di Parabola agar saat tracking parabola tidak menghadapi masalah.

Frekuensi atau transpoder dari siaran parabola C-Band terdiri atas 4 angka pertama sedangakan KU-Band  terdiri dari 5 angka.pertama dimasing-masing transpoder.

Tentu ini disesuaikan dengan daftar satelit parabola yang bisa dijangkau di daerah masing-masing baik itu C-Band maupun Ku-Band.

Kalau ditanya keuntungan serta manfaat dari teknik tracking parabola saya jawab sangat menguntungkan dan bermanfaat bagi diri sendiri dan banyak orang, so... mulailah belajar otak atik parabola anda kalau tidak ingin menggunakan jasa teknisi.

Lalu bagaimana memulainya?

Anda bisa mencoba cara mencari sinyal siaran parabola dari satelit yang lebih mudah yang berdekatan dengan satelit Telkom yakni satelit Asiasat 7 dengan posisi orbit 105.5 bujur timur frekuensi terkuatnya adalah 4120 H 27500.

Cara mengerjakannya;
Longgarkan baut penyangga dan turunin sedikit geser kiri-kanan sampai muncul dibar sinyal televisi warna biru dan hijau dengan kekuatan sinyal diatas 70% paling bagus.

Jika uji coba ini berhasil maka anda bisa mencoba satelit lain dengan kemiringan piring parabola arah barat hingga Thaicom 6 di posisi orbit 78.5 bujur timur. 

(ined)

Komentar0

Berkomentarlah dengan sopan dan saling menghargailah kita

Type above and press Enter to search.