TfY0BSA6BUziGUd7TSGlTpA6Gd==

Apakah Blog Masih Bisa Menghasilkan Uang, Kalau Bisa Mengapa Kendur Ngeblognya

 

Gambar editing saluran5

saluran5 Menjadi pertanyaan umum apakah blog masih bisa menghasilkan uang hari ini ditengah menjamurnya pangsa pasar media online secara menyeluruh memublikasikan apa yang dibuat para blogger. 

Tentu jawabannya adalah "ya" atau "tidak".bagi mereka ngeblog dengan konsisten yang sudah terbangun tentu akan mengatakan "iya" bahwa blog itu masih bisa mendantangkan pundi-pundi rupiah. Tetapi bagi mereka yang sudah tidak melihat bahwa blog itu sebuah produk menghasilkan akan mengatakan "tidak"

Ada berbagai cara membuat blog menghasilkan uang diantaranya melalui google adsense, penjualan market afiliasi, jejualan barang online atau membuka jasa  menulis.

Menarik perhatian adalah membuka jasa menulis artikel. Menulis di google berbeda dengan menulis online lainnya seperti membuat artikel di facebook maupun di instagram sebab cara menulis untuk dirambah google harus memperhatikan namaya seo (search engine optimise) dan di dalamnya butuh keyword yang benar-benar searah dengan isi konten yang dibuat.

Lantas apakah saya harus kembali ngeblob sementara dipenghasilan seperti google adsense sudah tidak menjanjikan lagi.

Sebagaimana judul artikel diatas "apakah blog masih bisa menghasilkan uang"saya berani katakan kalau bisa mengapa harus kendur ngeblognya bros n sist (to intinya tidak ada orang lain yang dirugikan) atas aktivitas ngeblog anda maka mulailah membangun kosisten secara terukur meski tidak setiap hari anda menerbitkan artikel.

Ada beberapa syarat blog dapat menghasilkan uang dari beberapa refrensi umum syarat tersebut adalah 

1.Blog harus unik
2.Blog dengan artikel yang orisinil
3.Blog bukan plagiat
4.Blog dengan tingkat persaingan rendah
5.Blog dengan konsisten terukur
6.Blog dengan rating google medium keatas
7.Blog dengan artikel di halaman depan google

Memang gampang-gampang susah ngeblog apalagi dalam hal membuat artikel dimana aktivitas ofline lebih dominan waktunya ketimbang online. disini anda akan dituntut se-seimbang mungkin membagi waktu bila blog yang dibangun diharapkan mendapatkan cuan.

Saya hendak berbagi pengalaman saking sibuknya dipekerjaan, aktivitas blogging saya terabaikan dimana rating blogger ditahun 2022 mencapai 40-45 ribu view perharinya namun karena jarang update maka review google console menurun hingga 30% dengan persentasi perharinya hanya mencapai 8-9 ribu saja padahal blog saya tersebut sudah menghasilkan uang dimana akhirnya itu saya jual.

Seiring berjalannya waktu ternyata jiwa blogger masih tersemat dalam diri saya meski melihat persaingan  media digital hari ini cukup kompetitif dan saling kejar-kejaran tetapi tidak membuat saya ciut atau berkecil hati pada akhirnya media saluran5 menjadi bandara untuk mendarat setiap konten yang saya posting.

Meski harus menyesuaikan dengan algoritma update terbaru google apalagi perusahaan online ini telah memberlakukan salah satu produk penafiannya yakni google analytics umum ke google analytics 4 (GA4) tetapi naluri ngeblog kita janganlah kendur.

Untuk memastikan bahwa perambahan situs anda maksimal sebagaimana penerapan GA4 maka perlu diperhatikan cara membuat google analytics 4 terbaru 2023 dan memasang di website agar situs dan di dalamnya artikel yang anda buat muda dicrawling google.

Kunci sukses blogger sejati terletak pada niat dan komitmennya membangun blog jika itu diharapkan bisa mendapatkan uang. tetapi bila kedua aspek tersebut tidak dipegang teguh artinya ngeblog itu hanya ikut-ikutan atau tergantung mud maka jangan harap uang akan datang pada anda.

Terus bagaimana harus memulainya

Mulailah dengan platform terjangkau seperti blogger dan wordpress yang bisa didapatkan secara gratis. banyak artikel membahas cara membuat blog gratis ataupun wordpress di internet bila anda masih pemula, untuk teknis cara cepat artikel terindex google akan admin bahas pada lain kesempatan.

Untuk memuluskan langkah blog dibuat secepatnya berada di google anda harus sedikit merogoh kantong dengan merubah subdomain bawaan blogspot jika menggunakan blogger menjadi top level domain (tld) dengan membelinya di situs penjualan domain maupun hosting.

Sebab dari beberapa pengalaman top level (domain) lebih berpengaruh cepat terindex google ketimbang masih menggunakan subdomain.

Contoh: blog saluran5 ini sebelumnya menggunakan subdomain:https//www.saluran5.blogspot.com) tetapi karena admin membeli domain dotcom (.com) maka situs blognya  menjadi https://www.saluran5.com/. dan dengan 5 artikel di dalamnya dalam waktu kurang 8 hari blog saluran5 sudah berada di google. itulah kelebihan blog jika menggunakan domain khusus dan rentan mendapatkan cuan di Adsense meski ini harus berupaya semaksimal mungkin

Tetapi perlu diingat ada juga situs masih menggunakan subdomain yang sering bertengger dihalaman depan google.

Diakui kehadiran media online di 10 tahun terakhir memberikan dampak signifikan menurunnya penghasilan para blogger sebab artikel berhubungan dengan blogging juga diterbitkan media online seperti detik.com, suara.com, tokopedia.com, media.com dan banyak lagi.

Media-media ini menggerus apa yang menjadi artikel para blogger sehingga persaingan blogger sulit dan tidak sedikit gulung tikar.

Walaupun begitu tidak ada kata terlambat memulai dan menghidupkan kembali aktivitas ngeblog dalam menghasilkan uang tergantung seberapa besar kesiapan seorang blogger menerima setiap proses bahkan resiko hendak dihadapi.

Kita meyakini saja bahwa setiap rezeki seseorang pasti ada dalam kendalinya Tuhan sebagai pemilik segalanya di bumi ini.kalau tidak hari ini kita bergerak kapan lagi, saya percaya masih banyak dan mungkin berjuta-juta artikel yang belum digali materialnya oleh para writer handal bertebaran dimuka bumi ini.

Kesimpulannya bahwa ngeblog masih menghasilkan uang walau dari beberapa pendapat hanya membuang waktu, tenaga bahkan materi. saya sudah merasakan bagaiamana uang didapatkan dari hasil blogging dan sangat menyenangkan. so "don't wait but makes to aktion"

Ayo blogging


Komentar0

Berkomentarlah dengan sopan dan saling menghargailah kita

Type above and press Enter to search.