TfY0BSA6BUziGUd7TSGlTpA6Gd==

Menakar Peluang Caleg Pulau Lembeh Lolos ke DPRD Kota Bitung

Gambar editing saluran5

saluran5.com Pemilihan umum 14 Februari 2024 tinggal 22 hari lagi para calon legislatif baik daerah maupun pusat berlomba-lomba menarik simpatik rakyat untuk mendapatkan dukungan penuh, termasuk para calon legislatif Kota Bitung terlebih lagi dari Pulau Lembeh.

Pada pemilu 2019 lalu Pulau Lembeh tidak ada yang terwakili menduduki kursi DPRD untuk warga asli, sementara dapil Aertembaga, Lembeh Utara dan Lembeh Selatan dimenangi oleh para kandidat dari daratan yang catatannya slot 3 kursi dari 7 kursi diperebutkan tersedia bagi calon orang lembeh.

Menjadi pertanyaan akankah kontestasi legislatif 2024 ada orang asli pulau lembeh yang akan lolos ke gedung kerucut DPRD.

Sebagaimana rilisan KPU untuk Calon Legislatif Kota Bitung pada Pemilu 14 Februari 2024 mencapai 381 calon dari 24 partai politik peserta pemilu dan ada 86 calon yang memperebutkan 7 kursi untuk dapil Aertembaga, Lembut dan Lesat.

Bila menghitung Daftar Pemilih Tetap (DPT) secara keseluruhan maka jumlah pemilih Pulau Lembeh adalah 15.412 pemilih. yang terbagi Lembeh Utara 7360 pemilih dan Lembeh Selatan 8052 pemilih (sumber:kpu kota bitung)

Sedangkan jumlah perolehan suara calon legislatif Kabupaten/Kota minimal 5000 suara itu berarti Pulau Lembeh mendapat peluang 3 kursi dari jumlah pemilih secara menyeluruh khusus dua kecamatan tanpa menghitung Aertembaga.

Lantas bagaimana para kandidat calon meyakinkan pemilih Pulau Lembeh untuk mendapatkan 3 slot kursi tadi.

Bila melihat performa serta usaha beberapa calon kandidat legislatif asli orang lembeh saat ini maka dimungkinkan bisa mendapatkannya meski hanya 1 kursi. Apalagi ada nama-nama baru seperti Debi Tria Wati Mundaeng (PSI), Alexius Manolang (Demokrat), Ivenny Delly Tatambihe (Perindo).

Sementara nama-nama lama bahkan dari unsur birokrasi dipastikan juga akan menjadi pesaing kuat dari mereka yang baru terjun di dunia politik seperti Rita Siripe (PDIP), Samuel Muhaling (Golkar) dan Viktor J Tatanude (Golkar).

Disadari memang untuk mendapatkan 3 kursi secara keseluruhan dari orang asli Pulau Lembeh agaknya gampang-gampang susah mengingat stigma pemilih masyarakat Lembeh hingga hari ini belum banyak berubah bahwa "ada uang ada suara".

Sementara para calon asli orang lembeh tidak memiliki kekuatan finansial bila menganut dan ambil bagian dari filosofi diatas.

Hanya para calon yang punya latar belakang ekonomi kuatlah bisa memenangkan kontestasi. tetapi peluang masih terbuka bila dibarengi dengan usaha-usaha yang jujur tanpa money politic.

Berikut daftar pemilih tetap dari 8 Kecamatan di Kota Bitung baik laki-laki maupun perempuan untuk Pemilihan Umum 2024

1. Kecamatan Lembeh Selatan 8.052

2. Kecamatan Madidir 26.678

3. Kecamatan Ranowulu 15.810

4. Kecamatan Aertembaga 22.633

5. Kecamatan Matuari 28.302

6. Kecamatan Girian 27.990

7. Kecamatan Maesa 29.328

8. Kecamatan Lembeh Utara 7.360

Total berjumlah 166 153.

Lewat catatan ini ada ajakan tulus bagi masyarakat Pulau Lembeh untuk melihat kandidat mana yang mampu bekerja untuk kesejahtaeraan rakyat dan tidak.

Mulailah bertindak dengan menjadi pemilih cerdas tanpa terima uang,

dan bagi para  calon yang merasa punya uang banyak edukasilah masyarakat dengan cerdas dan tulus dengan tidak hambur dan bagi-bagi uang apapun alasannya karena itu sama halnya menabung kebodohon hingga akhir hayat bagi masyarakat.

Stop membodohi pemilih dengan uang tapi tunjukanlah jiwa pemimpin melayani serta berlomba tanpa sogokan karena itu lebi bernilai. salam

(ds).

Komentar0

Berkomentarlah dengan sopan dan saling menghargailah kita

Type above and press Enter to search.