TfY0BSA6BUziGUd7TSGlTpA6Gd==

Daftar Televisi Indonesia Terafiliasi Dengan Partai Politik

 

gambar ilustrasi

saluran5 Media dan politik tidak dapat dipisahkan dari segi konektivitas dan aktivitasnya setiap hari politik tanpa media akan terasa hambar dan pasti kurang dikenali publik hiruk pikuk di dalamnya. sebaliknya media tanpa politik rating pemberitaannya akan biasa-biasa saja.

Hari ini kedua komponen tersebut menjadi satu-kesatuan yang tidak terpisahkan dalam linkaran yang disebut afiliasi. dimana baik individu, organisasi, badan usaha dan lain sebagainya memakai ornamen ini untuk keuntungan yang disepakati.


Televisi Indonesia di era reformasi dan modern ini telah memberikan elektoral signifikan terhadap perkembangan demokrasi tanah air lepas dari berbagai kegaduhan politik diberitakan.

Siaran-siaran politik dari berbagai media elektronik termasuk dikelola pemerintah maupun swasta sedikit menggiring publik pada pemahaman sejauh mana indenpendensi media terhadap kualitas pemberitaannya.

Bila dilihat lebih dekat media penyiaran televisi hari ini sudah menjadi alat pendongkrak elektoral partai politik sebab ketua umumnya merupakan pimpinan bahkan pemilik dari televisi tersebut.

Tentu tidak ada yang salah jika ada program berita seperti dipaparkan tadi, hanya saja dimungkinkan condong menonjol pemberitaan tentang partai dari pada hal-hal lain apalagi hari ini ada dalam masa tenang untuk pemilihan umum 2024.

Untuk mengetahui siaran televisi yang terafiliasi dengan partai politik berikut daftarnya:

1.MNC Group
Siaran televisi yang dinaungi oleh MNC Group merupakan televisi swasta terkemuka di Indonesia sejak 1988 dan menjadi perintis hadirnya televisi-televisi modern hari ini. CEO serta pemilik MNC Group Hary Tanoesoedibjo merupakan ketua umum Partai Perindo.

Partai Persatuan Indonesia (Perindo) mendapat posisi elektoral hampir mencapai 8% dari ambang batas presidential threshold ini dikarenakan siaran tv dari MNC Group intens memberitakan partai berlambang burung elang itu.

2.Metro TV 
Channel tv berita yang didirikan oleh PT Media Televisi Indonesia pada tahun 2000 kini menjelma menjadi salah satu televisi berita populer di tanah air yan dipilih oleh masyarakat.

CEO sekaligus owner Surya Palo merupakan ketua umum Partai Nasional Demokrat (Nasdem) dimana pada pemilu 2024 menjadi partai dengan eletoral tertinggi ke-empat setelah PDIP, Golkar, Gerindra. 

3. TV One
Jaringan televisi berita yang didirikian sejak tahun 2002 Alatief Corporation sebelumnya bernama Lativi kini menjadi siaran berita populer dikalangan masyarakat menengah kebawa.

Channel tv One sangat mudah didapat di daerah pedalaman dengan menggunakan antena parabola meski di beberapa platform siaran berbayar mereka bekerja sama tetapi masih bisa disaksikan secara gratis di settop box fta.

Nama tv One berganti nama dari Lativi pada 14 Februari 2008 dan dipimpin oleh Ahmad R Widarmana lewat PT Visi Media Asia dibawa naungan Bakrie Group.


SEO Bakri Group adalah Aburizal Bakrie yang saat ini menjabat sebagai dewan penasehat partai Golkar yang mengusung Gibran Rakabuming Raka selaku calon Wakil Presiden mendapingi Prabowo subianto sebagai calon presiden pemilu 2024

Tidak heran dalam setiap pemilu setelah reformasi partai golkar masih tetap mentreng pada posisi 5 besar karena ada media televisi yang selalu mengespos dan mendongkrak elektoral mereka.

Jika kita flash back sejak tahun 1999 hingga hari ini ada satu partai yang juga sering memenangkan pemilihan kepala daerah yaitu Partai Keadilan dan Persatuan yang didirikan Jenderal Try Soetrisno cs, namun sayang partai ini gulung tikar karena tidak memenuhi ambang batas dan tidak ada media televisi yang memback-upnya.

Meski demikian diakui baik media berita maupun entertaiment telah merubah polarisasi berpikir masyarakat Indonesia dari awam menjadi kritis karena edukasi media-media tadi yang terus bertransformasi dengan beragam program siarannya.

Itulah daftar televisi Indonesia terafiliasi dengan partai politik sekiranya kedepannya akan membantu mencerdaskan kehidupan bangsa dengan tayangan-tayangan membangun moral manusia nusantara selain pemberitaan seputar partai politik

(dy)

Komentar0

Berkomentarlah dengan sopan dan saling menghargailah kita

Type above and press Enter to search.