TfY0BSA6BUziGUd7TSGlTpA6Gd==

Tips Mencoblos yang Benar Bagi Pemula

 

sumber gambar (situs kota tangerang)

saluran5 Pemilu 2024 akan dilaksanakan pada 14 Februari mendatang yang bertepatan dengan hari Valentine atau hari kasih sayang. Tata cara pencoblosan di tempat pemungutan suara (tps) tentunya akan menjadi perhatian khusus bagi para pemilih pemula teristimewah kaum Gen-Z atau (generasi z)

Mengapa menjadi perhatian khusus bagi penyelenggara pemungutan suara untuk dapat menjelaskan sebelum mereka masuk ke TPS dikarenakan peluang kerusakan kertas suara dimungkinkan besar terjadi seperti robek salah coblos atau tidak memilih sama sekali.


Maka kesempatan ini dalam rangka menyukseskan pemilu berkualitas dengan mengurangi terjadinya kerusakan kertas suara admin akan membagikan tips mencoblos yang benar bagi pemula.

1.Kertas Suara Presiden dan Wakil Presiden
Kertas suara presiden dan wakil presiden berwarna abu-abu dan terdapat gambar 3 pasangan calon maka untuk mencoblos kertas suara ini arahkan alat pencoblos tepat ke-tengah wajah dari ketiga paslon tersebut dan harus berada di dalam kotak ukuran gambar jangan diluar gambar.

dan ingat coblosnya cukup sekali karena jika di dapat dua kali maka kertas suara tersebut dinyatakan rusak.

2.Kertas Suara DPR-RI
Cara mencoblos surat suara pemilu 2024 kedua adalah kertas suara calon Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) yang berwarna kuning. 

Untuk kertas suara kedua ini tidak dilampirkan foto/gambar hanya nomor urut dengan logo partai yang mengusung calon sesuai daerah pemilihan (dapil) masing-masing daerah. lajut...

arahkan alat pencoblos pada nomor urut calon yang hendak dipilih tepat di dalam kolom yang terterah nama bersangkutan.

3.Kertas Suara DPD-RI
Tips mencoblos ketiga adalah surat suara Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD-RI) karena surat suara ini menggunakan foto dari calon maka cara mencoblosnya sama dengan kertas suara yang pertama yakni calon presiden dan wakil presiden.

4.Kertas Suara DPRD Provinsi dan Kabupaten Kota
Cara mencoblos yang benar ke-empat adalah memilih calon Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) provinsi dan kabupaten kota.

Sama halnya dengan cara mencoblos DPR-RI maka pemilih patut memperhatikan kolom dengan nama serta nomor urut calon pada urutan partai yang mengusungnya. dan mencoblosnya jangan diluar dari kolom dimana nama tersebut terterah.

Ingat jika semua tips mencoblos diatas di langgar maka secara keseluruhan partisipasi anda membangun Indonesia 5 tahun mendatang gagal.

Untuk itu pastikan sebelum memilih calon yang diharapkan oleh seluruh rakyat Indonesia maka pertama berdoalah di dalam TPS agar diberi kelancaran oleh Tuhan.

Selanjutnya buka perlahan kertas suara jangan kasar-kasar agar terhindar dari sobek kemudian cari partai pengusung dan lihat nomor urut jangan tergesa-gesa. Jika anda masih bingung dalam melakukan pencoblosan maka dapat meminta bantua KPPS dan para saksi tanpa menyampaikan siapa yang akan dipilih.

setelah tugas anda selesai dalam TPS maka silahkan menuju pintu keluar yang sudah diatur petugas untuk mencelupkan jari pada tinta yang disiapkan.

Bila ada iming-iming menawarkan mencoblos ulang di TPS lain jangan dilakukan karena itu melanggar hukum dan bisa di penjara selama 18 bulan tetapi kita telah menciptakan kecurangan dalam pemilihan umum yang seharusnya bermartabat dan berharga tinggi.

semoga informasi ini mengedukasi kita semua dalam melaksanakan pencoblosan pada 14 Februari di pemilu 2024, akhirnya selamat berpesta demokrasi.

dy

Komentar0

Berkomentarlah dengan sopan dan saling menghargailah kita

Type above and press Enter to search.